10 Fondasi Bagi Calon Pengusaha

Posted by RoyMatz Abu Najla Friday, 6 December 2013 0 komentar
Ketika kita akan memulai suatu bisnis,baik itu online maupun offline,kita harus memiliki persiapan yang cukup kuat. Kalau diibaratkan, terjun ke dunia bisnis itu ibarat mau menjelajah ke dalam hutan belantara. Mungkin bagi anda yang sering berpetualang ke hutan atau hiking ke gunung-gunung, anda faham persiapan apa saja yang dibutuhkan. Beberapa hal yang harus kita siapkan ketika akan berpetualang ke hutan atau hiking ke gunung,diantaranya,kompas,tambang,sepatu boot, tempat tidur kepompong atau tenda,pisau dan lain sebagainya.

Terjun ke dunia bisnis pun sama seperti masuk ke dalam hutan, butuh persiapan. Memang ada beberapa orang sukses yang mengatakan bahwa "kalau mau bisnis tuh gak usah banyak mikir,langsung terjun aza,nanti juga ketemu jalannya". Memang betul, kalau mau bisnis gak usah banyak mikir,itu bagi mereka yang punya banyak persiapan. Tapi bagi kita,khususnya pemula yang baru melek bisnis, saran saya jangan gegabah,karena terkadang kita terjebak oleh angan-angan kita tentang suksesnya bisnis kita.

Oke..supaya tidak melebar kemana-mana,langsung saja saya sebutkan beberapa persiapan yang harus ada ketika kita akan memulai sebuah bisnis.
Ini dia..

1. Tekad dan kemauan yang kuat.

Kenapa tekad dan kemauan yang kuat saya taruh ditempat teratas? karena tanpa ada tekad dan kemauan yang kuat, otomatis kita tidak akan memulai bisnis itu,karena tidak mau.. betul tidak? hehe..
Yupz..sudah menjadi hukum alam,biasanya orang yang punya tekad dan kemauan yang kuat,akan sukses di akhir ceritanya..Mereka akan menjalankan bisnisnya dengan penuh semangat dan pantang menyerah. 
Kalau dalam Islam, "man jadda wa jadda", barang siapa yang bersungguh-sungguh,dia akan berhasil.
Anda tinggal cek diri anda, adakah  modal yang stu ini? Kalau ada, anda boleh lanjut..

2. Berani 

 Perlu anda ketahui,bahwa bisnis ini sangat dinamis. Anda tidak akan untung terus menerus,anda tidak akan menang terus menerus, anda tidak akan sukses terus-menerus. Adakalanya anda kena tipu, adakalanya anda rugi besar, adakalnya kalah saingan, dan lain-lain.
Anda harus berani menerima segala konsekuensi bisnis ini. Karena tidak sedikit, para pemula yang gulung tikar hanya karena tertipu,banyak saingan,atau yang lainnya.
Beranikah anda dengan segala resiko dalam berbisnis?? Kalau belum siap rugi,mending gak usah mulai dulu deh..kumpulin ilmu aza dulu..
Tapi kalau anda berani dengan segala konsekuensinya,dan siap untuk bangkit lagi, saya ucapkan selamat datang calon pengusaha sukses..Ayoo lanjuutt berbisnis..!!!!

3. Optimis

Optimis yang dimaksud adalah optimis yang berkelanjutan alias konsisten. Karena tidak sedikit para pemula yang diawal menjalankan bisnisnya,optimis luar biasa,bahkan terkesan sombong dan kepedean. Tapi baru 2-3 bulan, optimisnya mulai menurun dan semakin lama semakin menurun. Orang seperti ini hampir bisa dipastikan, kelangsungan bisnisnya tidak akan bertahan lama.
Tapi bagi orang yang optimisnya berkelanjutan, semakin lama ia akan semakin bersemangat. Setiap kendala ia jadikan tantangan yang siap dia hadapi dengan gagah berani. Dan setiap keinginannya adalah cambuk terkuat yang mampu mendera semangatnya.
Termasuk golongan yang manakah anda? introspeksi aza dulu ya..hehe..

4. Ulet atau Tekun

Ketekunan juga sangat diperlukan oleh seorang pengusaha. Dengan adanya ketekunan, terkadang kita dipertemukan dengan berbagi macam keberuntungan yang tak terduga. Logikanya, kita menyusun batu bata dengan tekun,lama-lama menjadi sebuah rumah atau gedung. Begitulah ketekunan,terkadang tanpa kita sadari,ternyata kita sudah hampir sampai di tujuan.

5. Fokus

Usahakan,ketika kita memulai sebuah bisnis, kita fokus dulu di bisnis yang kita rintis saat ini. Banyak orang gagal dalam bisnisnya karena tidak fokus. Melihat orang lain sukses jualan bakso, ikutan jualan bakso,lihat orang lain sukses jualan pulsa,ikutan jualan pulsa. Biasanya, orang yang loncat sana loncat sini, tidak bisa muncul sebagai pemenang,karena dia tidak fokus. Rezeki sudah ada yang mengatur. Orang lain sukses dengan berjualan bakso, belum tentu kita meraih sukses yang sama ketika kita jualan bakso. Intinya, fokus saja sama satu bisnis dulu, kecuali kalau anda sudah berpengalaman dan sudah mampu untuk menjalankan bisnis yang lain, silakan lebarkan sayap anda. Tapi semua itu butuh proses. So, fokusin satu saja dulu. Ok??

6. Sesuai Passion Anda

Bisnis yang sesuai dengan passion kita,biasanya akan bertahan lama dan kita akan merasa senang dalam menjalankannya. Saya sarankan, bagi anda yang ingin memulai bisnis, usahakan yang sesuai dengan passion atau minat anda. Untuk mengetahuinya cukup mudah. Bisa anda mulai dari hobby anda atau bisa anda rasakan, kalau anda merasa senang dan menikmati sebuah pekerjaan, biasanya itulah passion anda. Sebagi contoh, saya senang main bola. Kemudian saya kembangkan hobby saya menjadi sebuah bisnis, misalnya berjualan kaos bola,sepatu bola,dan lain sebagainya. Selain menghasilkan, anda juga bisa menylurkan hobby anda.. Mantaapp..

7. Dukungan Keluarga

Jangan sepelekan peran dan pendapat keluarga anda, terutama ibu anda. Karena biasanya, percaya atau tidak, bisnis yang kita jalankan tanpa ridho atau persetujuan orang tua kita, biasanya lambat laun akan gagal. Saya sudah membuktikannya..hehe..
Begitu juga peran istri dan saudara anda. Usahakan anda mendapatkan restu dan dukungan dari mereka. Karena itu akan sangat membantu anda.

8. Lokasi

Untuk bisnis di dunia nyata (offline), biasanya, lokasi sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis anda. Contohnya, sebuah warkop yang berada di terminal dengan di kampung biasa, atau tukang foto kopi yang berada di dekat kampus dan perkantoran, dengan yang bertempat di dekat kantor desa di pedesaan, hasilnya sangat jauh berbeda. Jadi kalau anda akan mulai bisnis seperti ini, harap perhatikan juga lokasi atau lingkungan yang akan anda tempati.

9. Uang (modal)

Yaa..tanpa yang satu ini, bisnis kita spertinya tidak akan jalan..hehe.. Tapi, yang perlu digaris bawahi, terkadang banyak orang yang terjun ke dunia bisnis dengan mengandalkan uang pinjaman dari bank. Memang banyak yang sukses dengan meminjam modal dari bank atau yang lainnya. Saran saya, jika anda akan memulai bisnis anda usahakan jangan mengandalkan uang pinjaman,karena anda akan dipusingkan dengan tagihan bulanannya. Tapi jika anda sudah matang dan berpengalaman dalam mengelolanya,mungkin tidak masalah, tapi bagi pemula seperti kita, mendingan sabar dulu deh..hehe..

10. Skill atau Ilmu

Yaa..yang ini juga sangat penting. Tapi untuk yang satu ini, kita bisa belajar sambil menjalankan bisnis kita, karena berdasarkan pengalaman saya, banyak ilmu yang akan kita dapatkan setelah kita menjalankan bisnis kita. Jadi anda jangan terlalu khawatir dengan yang satu ini, karena sejarah banyak menceritakan tentang orang-orang biasa,yang pendidikannya juga pas-pasan, tapi bisa sukses. Tapi bukan berarti anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis yang akan anda geluti, gara-gara baca tulisan saya, anda maen langsung terjun aza, itu namanya bunuh diri omm..hehe..
Maksud saya, biarpun ilmu atau skill kita belum terlalu banyak, tapi kalau fondasi yang 9 tadi ada semua pada diri anda, maka jalnkan saja dulu bisnis anda, saya yakin akan banyak kejutan positif yang akan anda temukan..

Ok..mungkin masih banyak persiapan yang lain, tapi saya rasa dengan anda memiliki yang 10 ini, anda sudah siap ,menjadi pengusaha sukses. Tugas anda sekarang tinggal bekerja semaksimal mungkin dan jangan lupa minta sama yang punya dunia ini, alias berdoa, karena kapasitas kita hanya bisa berencana dan berusaha, hanya Alloh yang mampu mewujudkannya..

Terimakasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Fondasi Bagi Calon Pengusaha
Ditulis oleh RoyMatz Abu Najla
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pencaripeluangbisnis.blogspot.com/2013/12/10-fondasi-bagi-calon-pengusaha.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Bisnis Online
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Peluang Bisnis.