Jual Produk Orang Lain (Sales man)

Posted by RoyMatz Abu Najla Tuesday, 17 December 2013 0 komentar
Peluang bisnis dengan modal kecil yang cukup menjanjikan berikutnya adalah menjadi seorang sales man.
Anda tahu sales man? ya..orang yang suka berkunjung ke rumah-rumah warga (door to door) dengan membawa suatu produk untuk ditawarkan.

Jangan sepelekan profesi ini, karena tidak sedikit orang yang sukses berawal dari menjadi seorang salesman (marketing). Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang, menjadi sales man adalah hal yang memalukan. Padahal, itu akan menempa mental kita untuk menjadi seorang pejuang. Ingat..!! tidak ada bisnis yang langsung besar dan sukses, semua berawal dari hal yang kecil.

Menjadi seorang sales man memang bukan hal yang mudah, karena saya pun pernah merasakan bagaimana susahnya menawarkan sebuah produk apalagi jika harganya yang cukup mahal.
Ada beberapa tips yang bisa saya bagi untuk anda yang berminat menjadi pengusaha melalui jalan sales ini.

1. Mental.


  • Buang jauh-jauh rasa malu anda. Karena malu tidak menyelesaikan masalah dan tidak akan mengantarkan anda pada kesuksesan.
  • Berani ditolak. Ketika menawarkan barang, tidak semua orang tertarik dengan barang yang anda tawarkan. So, bersiap-siaplah untuk di tolak.
  • Jangan terlalu sensitif. Ketika menjadi seorang sales man, kita akan dihadapkan dengan berbagai karakter orang, ada yang baik, ada yang galak, ada orang sunda, jawa, batak,dll. Ketika ada perlakuan calon konsumen kita yang tidak enak di hati, jangan di masukkan ke hati, tinggalkan saja. Itu sudah biasa.
  • Pantang menyerah. Ketika ditolak oleh satu orang, anda jangan berhenti disitu. Cari yang lain. Karena terkadang kita akan diuji dulu sebelum dapat konsumen yang membeli barang kita.   

2. Modal

Untuk menjadi sales man, modalnya tidak besar dengan uang Rp. 100.000 pun anda sudah bisa berjualan. Yang anda butuhkan adalah penampilan yang cukup rapi dan meyakinkan, product knowledge (pengetahuan tentang barang yang anda tawarkan), lobbying (cara merayu atau membujuk orang dengan cara yang baik dan tidak memaksa), kemampuan beradaptasi dengan konsumen, dan etika.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan menawarkan sebuah barang supaya calon konsumen tertarik.

  • Unik. Usahakan anda cari barang yang lain dari yang lain, jangan sama dengan yang di jual di pasaran. Sebagai contoh, anda mau menjual regulator untuk gas elpiji. Kalau anda menjual regulator gas biasa yang banyak di jual dipasaran, mungkin sedikit orang yang tertarik dengan barang yang anda tawarkan. Tapi kalau anda menjual regulator yang unik (seperti Regulator Destec atau Starcam) dan jarang ada di pasaran, saya rasa banyak orang yang akan tertarik dan berminat.
  • Bermanfaat (banyak kelebihannya). Jelas, kalau tidak bernmanfaat pasti tidak akan laku. Maksud saya, cari barang yang selain unik, juga banyak kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh produk sejenis.
  • Garansi. Ini juga penting, karena orang akan lebih cenderung memilih barang yang bergaransi daripada yang tidak.
  • Kredit. Zaman sekarang, hampir semua orang memiliki utang (cicilan), so langkah yang cukup mudah untuk menarik calon konsumen anda yaitu dengan menawarkan kredit. Sehingga harga untuk memiliki barang yang anda tawarkan tidak terlalu mahal. Padahal kalu ditotal, harganya jauh lebih mahal.
  • Service (pelayanan). Pembeli adalah raja, jadi layani pembeli anda sebaik-baiknya. 
Lalu bagaimana cara kerjanya?
Cukup mudah. Untuk anda yang tidak punya modal besar, (misalnya anda mau jualan regulator). Anda bisa test market dulu. Anda coba beli 2 atau 3 produk dulu. Misalnya harga regulatornya Rp.85.000 x 3 berarti untuk modal awal anda cuma butuh 250 ribuan. Anda bisa menjual minimal 2x lipatnya. Kalau anda jual kredit, anda bisa jual 3-4x lipat. Itu artinya, uang anda akan menajdi berlipat-lipat ganda. Jika respons pembeli cukup bagus, anda bisa tambah produk lagi 6-10, dan seterusnya.

Bisnis ini cukup menjanjikan. Jika anda sudah mulai memahami iramanya, anda bisa mulai merekrut seoarang teman (karyawan), anda memang akan berbagi keuntungan, tapi anda dapat keuntungan baru tanpa capek. Semakin lama bisa anda kembangkan terus, tambah karyawan lagi, perbaiki sistem keuangannya, dan mungkin suatu saat anda akan menjadi bos sales.. Tapi tetep.. semua itu butuh kerja keras dan waktu.

So, selamat berjuang..semoga mimpi dan cita-cita kita semua bisa tercapai..Aamiinn..

Terimakasih dan semoga bermanfaat..
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jual Produk Orang Lain (Sales man)
Ditulis oleh RoyMatz Abu Najla
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pencaripeluangbisnis.blogspot.com/2013/12/jual-produk-orang-lain-sales-man.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Bisnis Online
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Peluang Bisnis.